Cara Membuat Bawang Goreng Renyah

Bawang goreng renyah, gurih dan kriuk akan kami berikan tips menggorengnya untuk bunda, sista dan pengunjung resep masakan 13. Membuat bawang merah goreng atau bawang goreng dalam jumlah besar biasanya saat ada acara hajatan dirumah baik acara pernikahan ataupun lainnya.

Bawang merah goreng biasanya di hidangkan untuk bahan taburan dalam berbagai macam masakan nusantara diantaranya rawon. Dan anda mungkin berencana untuk menjula bawang merah goreng dalam plastik plastik. Semoga resep membuat bawang merah goreng yang kami berikan ini dapat bermanfaat.

resep bawang merah goreng, cara membuat bawang merah goreng, bawang goreng

Sebelum menjelaskan bahan yang digunakan untuk menggoreng bawang goreng kita memerlukan tips agar nantinya bawang goreng nantinya sangat enak gurih kriuk dan renyah. Apa saja langkah langkah yang harus kita lakukan, yuk ikuti tipsnya dibawah ini.
  1. Yang kita lakukan pertama kali adalah kita rendam bawang merah dengan garam dalam air secukupnya. Kita bisa memberi garam sesuai selera anda, jangan sampai keasinan.
  2. Gunakan bawang merah jawa yang memang harganya agak lebih mahal dibanding dengan bawang merah import.
  3. Nanti saat menggoreng bawang merah, usahakan menggunakan api sedang agar nantinya bawang merah goreng matang sempurna. Kalau menggunakan api besar, takutnya bawang merah goreng menjadi cepat hangus dan tidak matang sempurna.
  4. Setelah bawang merah matang, segera tiriskan dan setelah minyak goreng yang menempel di bawang sedikit segera taruh dalam tampah (tempeh) yang beralaskan kertas koran atau jika tidak ada gunakan kertas tisu. Tujuannya agar minyak terserap dalam kertas tersebut.
  5. Setelah dingin, sesegera mungkin bawang merah goreng anda simpan dalam wadah atau toples kedap udara.
Bahan untuk membuat bawang merah goreng :
  • 1 kg bawang merah jawa, iris iris tipis (bisa menggunakan alat pengiris bawang)
  • minyak untuk menggoreng
  • 1 liter air untuk merendam garam dan bawang merah
  • 1 sendok makan garam halus
Cara membuat bawang merah goreng kriuk, renyah dan enak :
  1. Kita rendam irisan bawang merah dengan garam di air sebanyak kurang lebih 1 liter. Anda juga bisa mengurangi jumlah garam sebagai perendam. Rendam bawang merah kira kira 1/4 jam saja.
  2. Panaskan minyak dan goreng bawang merah hingga kecokelatan. Gunakan api sedang saja agar tidak cepat gosong dan matang sempurna.
  3. Siapkan tampah yang diatasnya diberi dengan kertas koran maupun kertas tisu. Angkat bawnag goreng yang telah matang dan tiriskan sebentar kemudian taruh dalam tampah (tempeh). Jika sudah dingin segera simpan dalam toples kedap udara.
Nah mudah kan menggoreng atau membuat bawang merah goreng agar renyah, gurih dan kriuk dirumah. Tunggu tips tips menarik kami lainnya hanya di resep masakan 13.