Cara Membuat Bento Sederhana Untuk Bekal

Cara Mudah Membuat Bento Sederhana. Bento adalah makanan bekal berupa nasi beserta lauk pauknya yang di masukkan ke dalam kemasan praktis dan bisa di bawa untuk di makan di tempat lain. Dengan kata lain bento adalah bekal yang bisa di nikmati oleh siapapun dan kapanpun. Bento seirang waktu memiliki farian yang berbeda dan sangat banyak jenis dan bentuknya.


Bagi anda yang memiliki anak, biasanya di sekolah anda akan membawakan bekal untuk makan siangnya. Namun biasanya bentuk yang biasa saja akan membuat anak anak kurang suka dengan bekalnya. Untuk itu banyak bento di buat untuk anak anak agar lebih suka dalam menikmati bentonya.

Kali ini saya akan berikan beberapa resep dasar dasar dalam membuat bento. Bahan bahan yang di butuhkan dalam membuat bento adalah :

1. Wadah bento : pilihlah wadah sesuai dengan menu yang akan anda kreasikan, kecil untuk bentuk sederhana, atau besar untuk yang sedikit rumit. Pilihlah wadah dengan kualitas yang bagus dan mudah untuk di bawa. seperti gambar di bawah ini.

2. Nasi Putih Pulen. Untuk bahan yang kedua adalah nasi putih yang masih hangat, gunakan nasi yang masih hangat agar mudah di bentuk, saat memasak nasi pun harus sedikit lembek, agar lebih mudah juga untuk di bentuk. Selain nasi putih, anda juga dapat berkreasi dengan nasi merah atau nasu kuning.


3. Furikake. Furikake adalah sejenis abon berupa sayuran kering dengan beragam rasa dan warna. Furikake sendiri biasanya di campurkan terlebih dahulu ke dalam nasi lalu baru di cetak agar sesuai dengan selera anda.

4. Sayuran Segar. Untuk sayuran sendiri yang paling banyak di gunakan adalah wortel, daun selada atau timun jepang, Anda bisa menggunakan wortel untuk bunga atau di cetak seperti binatang, sedangkan untuk daun selada sebagai alas atau pembatas, semua tergantung dengan kreasi anda.

Setelah semua bahan tersedia, anda bisa memulainya dengan cara :
  1. Melapisi tempat bento dengan daun selada, lalu siapkan nasi yang masih panas, lalu beri sedikit furikake, aduk hingga rata.
  2. Setelah itu cetak nasi dengan cetakan agar agar atau cetakan bento, setelah itu lepaskan dan tata pada wadah bentonya.
  3. Tambahkan dengan pootngan wortel yang di bentuk bunga, atau hewan, lalu dinginkan agar uap panasnya hilang, lalu tutup dan bento siap untuk di bawa sebagai bekal.
Anda dapat menambahkan dengan beragam lauk, misalnya saja nugget, ayam goreng atau kerupuk, sehingga makan anda akan lebih berselera. Di bawah ini beragam bento sederhana yang dapat anda coba di rumah.