Resep Jamu Sinom

Resep minuman tradisional jamu sinom akan kami tampilkan cara membuatnya (cara membikinnya). Sebelum kita membuat jamu sinom mungkin kita jelaskan sedikit tetang apa itu sinom. Sinom merupakan daun muda dari tanaman asam yang terdapat pada pucuk tangkai. Daun ini memiliki rasa yang asam dan biasa dapat dibeli di toko toko jamu tradisional.

Memang banyak sekali penjual jamu keliling yang biasanya menjual jamu. Disitu pastinya penjualnya menjual jamu sinom yang sangat segar dan enak. Namun jangan kuatir, bunda dan sista dirumah bisa membuat sendiri jamu sinom untuk keluarga tercinta dirumah. Jamu ini tak hanya menyegarkan namun juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.


Penasaran bagaimana cara membuat jamu sinom sendiri dirumah?, yuk simak cara membuat jamu sinom dengan resep yang kami hadirkan di resepmasakan13.

Bahan jamu sinom :
  • 2000 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 75 gram asam jawa 
  • 100 gram gula merah
  • 75 gram sinom ambil daunnya saja (ingat daun yang masih muda)
  • 50 gram kunyit kupas dan memarkan
Cara membuat jamu sinom yang segar dan enak :
  1. Step pertama yang harus kita siapkan adalah rebus air dengan daun sinom, kunyit dan asam jawa hingga mendidih. Ingat gunakan api kecil saat merebus air dan campuran daun sinom tersebut.
  2. Kemudian kita masukkan gula merah dan juga gula pasir, aduk aduk hingga semua gula larut. Angkat.
  3. Diamkan rebusan sinom tidak panas kemudian saring.
  4. Didihkan kembali jamu sinom dan angkat. Jamu sinom siap disajikan selagi hangat atau disimpan hingga dingin di lemari es.
Resep jamu sinom ini cara membuatnya sangat mudah dan tak hanya menyegarkan buat tubuh namun juga sangat sehat dan bermanfaat bagi tubuh kita.