Resep Kue Engkak Ketan

Hai jumpa lagi dengan blog masakan super lengkap yaitu resep masakan 13, kami akan memberikan resep cara membuat kue engkak ketan yang empuk dan enak. Disini kita menggunakan tepung ketan putih sebanyak 500 gram, kemudian ada tepung terigu sedikit saja, jika suka dengan vanilli bisa anda tambahan secukupnya (jangan sampai kebanyakan), kemudian santan kental, gula pasir menggunakan 750 gram (jika dirasa terlalu manis anda bisa mengurangi jumlah komposisi gula pasirnya, mungkin bisa 500 gram saja) dan juga yang membuat kue ini sangat empuk yaitu jumlah telur ayam yang digunakan yaitu 15 butir telur. Selamat mencoba bunda.


Bahan kue engkak :
  • 500 gram tepung ketan putih
  • 7 sendok makan tepung terigu
  • 15 butir telur ayam
  • 750 gram gula pasir
  • 5 gelas santan kental
  • 3 sendok makan mentega cair
Cara membuat kue engkak empuk dan enak :
  1. Pertama tama kita campur tepung terigu, tepung ketan, susu, santan aduk aduk hingga rata semua. Sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kita kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih.
  3. Kemudian masukkan kocokan telur tersebut  kedalam campuran terigu, kemudian kita panggang selapis demi selapis hingga matang sempurna.
  4. Caranya memanggang adalah lapisan pertama gunakan api bawah, setelah agak kekuningan tambahkan lapisan kedua dan gunakan api atas dan seterusnya hingga adonan habis.
Semoga resep kue engkak ketan putih ini dapat bermanfaat bagi kita semua, biasanya kue ini dihidangkan saat lebaran tiba. Selamat mencoba.