Cara Membuat Bubuk Cabai Sendiri

Cara Membuat Bubuk Cabai Sendiri. Bila anda pecinta kuliner pedas, tentunya bubuk cabai adalah salah satu bahan yang sering di gunakan, bisa untuk bumbu atau bahan taburan keripik dan masih banyak yang lainnya. Ada kalanya kita sedikit kesulitan menemukan bubuk cabai di toko toko.


Ternyata bubuk cabai dapat kita buat sendiri di rumah, hanya dengan bahan utama cabai merah besar dan jintan, kita sudah dapat membuat sendiri di rumah, siapkan pula oven sebagai bahan untuk mengeringkan cabai. Pilihlah cabai yang masih segar, cuci bersih dan siap untuk di gunakan sebagai bahan pembuat cabai bubuk.

  1. Cabai yang baru di beli langsung di belah atau di sobek jadi dua, lamgsung bersihkan cabai dari isi cabainya, agar cabai tidak memiliki citarasa pahit, potong potong cabai, cuci hingga bersih.
  2. Panaskan oven hingga mencapai suhu 150 derajat, lalu tata cabai pada loyang hingga rata, lalu oven selama kurang lebih 3-4 menit.
  3. Siapkan pula jintan yang telah di sangrai hingga kering, waktu penyangraian selama 3-4 menit hingga benar benar kering, untuk perbandingannya 1:10 dengan cabai
  4. Dinginkan kedua bahan tersebut hingga benar benar dingin, lalu blender kedua bahan tersebut secara terpisah dengan blender kering hingga benar benar halus.
  5. Setelah selesai di blender, baru di campurkan jadi satu hingga rata.
  6. Setelah itu baru di simpan dalam toples kedap uadara dan siap untuk di gunakan sebagai bumbu masakan yang sama enaknya dengan kalu kita membeli di toko.
Mudah dan sangat prkatis bukan, tak ada salahnya mencoba untuk membuat sendiri cabai bubuk ini karena bermanfaat untuk masakan anda dan di jamin lebih higienis.