Ragam Jenis Tepung Yang Wajib di Ketahui

Ragam Jenis Tepung yang wajib di ketahui sebagai seorang yang suka dengan masalan adalah wajib. tepung sendiri adalah patikel padat yang berbentuk butiran halus dan sangat halus, tergantung dengan permintaan dari konsumen. Dari beragam jenis tepung, ada beberapa yang wajib anda ketahui agar anda lebih pandai bila berada di dapur. tepung sendiri di gunakan sebagai bahan makanan, kue atau mie, dan masih banyak lagi, masakan yang menggunakan bahan dasar dari tepung ini.


Di bawah ini kami akan berikan beragam jenis tepung yang berada di sekitar kita, sehingga anda akan lebih mengenal apa itu tepung yang anda gunakan setiap harinya.


  1. Tepung Terigu, Adalah tepung atau bubuk halus yang berasal dari bulir gandum, biasanya di gunakan sebagai bahan dasar dalam membuat roi, mie dan beragam jenis kue. Tepung ini mengandung karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, selain itu tepung terigu juga mengandung gluten dan protein yang berguna dalam menentukan kekenyalan makanan yang terbuat dari tepung terigu, tepung terigu sendiri berasal dari biji gandum yang di haluskan, sedangkan tepung gandum utuh berasal dari biji gandum dan kulit arinya yang di tumbuk.
  2. Tepung Kanji, atau lebih sering di sebut dengan tepung tapioka, adalah tepung yang di peroleh dari umbi akar atau ketela pohon atau dalam bahasa Indonesis di sebut sebagai singkong. Tepung tapioka di sebut sebut memiliki kesaam dengan tepung sagu, sehingga keduanya dapat di pertukarkan.Atau di gunakan dengan manfaat yang sama. Biasanya di buat untuk mengentalkan masakan berkuah.
  3. Tepung Sagu, adalah olahan yang di peroleh dari pemrosesan batang rumbia atau pohon sagu, tepung ini memiliki kemiripan dengan tepung kanji atau tepung tapioka. Tepung sagu sendiri merupakan makanan pokok dari Maluku dan Papua yang tinggal di daerah pesisir. Tepung sagu sendiri dapat di olah menjadi mie ataupun biji mutiara.
  4. Tepung Maizena, biasa di sebut sebagai tepung jagung atau pati jagung yang di dapatkan dari endosperma biji jagung. Tepung jagung sendiri adalah makanan populer yang biasanya di gunakan sebagai pengental sup atau saus, juga di gunakan sebagai sirup jagung dan pemanis lainnya. 
  5. Tepung Beras, adalah beras putih yang di giling sehingga menghasilkan bentuk yang halus, dan banyak di gunakan sebagai bahan kue dan kandungan dari tepung beras sendiri hampir sama dengan beras.
  6. Tepung Ketan, atau biasa di sebut dengan ketan halus. tepung ini juga hampir sama dengan tepung beras, hanya saja teksturnya lebih kesat dan rasanya lebih kenyal, sangat banyak makanan ata kue yang terbuat dari tepung ketan ini.
  7. Tepung Roti, atau lebih akrap dengan sebutan tepung panir, adalah sejenis tepung yang terbuat dari roti kering yang di tumbuk hingga halus. Tepung ini berguna untuk melapisi makanan sehingga saat di goreng akan bertekstur lebih renyah, tepung ini biasanya di gunakan untuk membuat kroket nugget dan yang lainnya.
memang terlihat sederhana, namun tepung tepung di atas telah menyumbang banyak manfaat bagi orang Indonesia dalam menghasilkan makanan yang terkenal hingga ke luar negeri.